Diskusi
•
Adalah proses interaksi dan komunikasi dua
arah atau lebih yang melibatkan guru dan siswa.
•
Diskusi merupakan strategi penting untuk
menciptakan proses belajar aktif.
•
Dalam
strategi tersebut peran guru adalah memfasilitasi proses diskusi serta
mengatur lalu lintas gagasan & komentar siswa agar berjalan dengan lancar
•
Diskusi akan efektif jika guru ingin:
- Membantu siswa
berpikir atau melatih berpikir dalam disiplin ilmu tertentu.
- Membantu siswa
belajar menilai logika, bukti, dan hujah, baik pendapatnya sendiri rnaupun
pendapat orang lain.
- Memberi kesempatan
kepada siswa utk memformulasikan penerapan prinsip-prinsip tertentu.
- Membantu siswa
menyadari dan mengidentifikasi problem dari penggunaan informasi dari buku
rujukan atau perkuliahan.
- Memanfaatkan
keahlian (sumber belajar) yang ada pada anggota kelompok
•
Ketika proses diskusi, guru sering
menghadapi beberapa hambatan, antara lain, adalah sebagai berikut.
- Melibatkan
partisipasi siswa dalam diskusi.
- Membuat siswa
sadar terhadap pencapaian tujuan
pembelajaran.
- Mengatasi reaksi
emosional siswa
- Memimpin diskusi
tanpa banyak melakukan intervensi.
Membuat struktur diskusi, mulai dari pengantar sampai
dengan kesimpulan.
•
Tips memimpin diskusi.
- Mengungkapkan kembali apa yang dikatakan
oleh seorang siswa sehingga siswa tersebut meraasa bahwa pertanyaan atau
komentarnya dipahami dan siswa lain dapat mendengar ringkasan apa yang
telah ditanyakan.
- Mengecek pemahaman
guru tentang apa yang dikatakan siswa atau meminta siswa untuk menjelaskan
apa yang mereka katakan.
- Memberikan pujian
atau komentar yang lebih mencerahkan
- Mengelaborasi
kontribusi siswa dengan memberi contoh atau menyarankan cara baru melihat
problem.
- Memacu diskusi
dengan mempercepat tempo, menggunakan humor, atau kalau perlu mendorong
siswa untuk berpartisipasi dalam diskusi.
- Menolak ide siswa
dengan santun untuk merangsang diskusi tetap berjalan.
- Menengahi
perbedaan pendapat antara mahasiswa dan mencairkan ketegangan yang muncul
di antara mereka.
- Menarik ide-ide
yang berkembang clan menunjukkan hubungan di antara ide-ide tersebut.
- Mengubah proses
diskusi dengan mengganti cara partisipasi peserta diskusi atau dengan
meminta kelompok tampil ke depan.
- Meringkas, atau
mencatat bila diperlukan, ide-ide penting yang berkembang dalam diskusi di
kelas.
Comments
Post a Comment