Mengapa Perlu Strategi Pembelajaran ?
Ada Istilah”Strategi/Metode lebih peting dari pada materi”....
•
Di antara tugas guru dalam persiapan pembelajaran adalah memikirkan:
- Cara agar siswa dapat memproses informasi yang disampaikan
- Cara mengaitkan informasi baru dengang pengetahu-an yg sebelumnya sudah dimiliki siswa.
- Cara menciptakan situasi dan kondisi agar siswa dan memproses
informasi dengag lebih mudah & cepat dipahami sekaligus
melekat lama dalam ingatan mereka.
Ceramah
•
Ceramah: merupakan strategi pembelajaran yang paling populer
•
Ceramah adalah metode pembelajaran yang dilakukan dengan menyampaikan pesan & informasi secara satu arah
lewat suara yang
diterima melalui indra telinga.
Metode ini tepat untuk beberapa kondisi sbb:
v Jika informasi yang disampaikan tidak tersedia dalam bentuk tulisan, teks yang tersedia tidak cocok, atau teks yg ada sudah
kedaluwarsa.
v Untuk memberikan
pengarahan sebelum melaksanakan tugas.
v Untuk memotivasi
atau memberi tantangan kepada siswa terutama ketika tidak terungkap dalam buku
rujukan yang
diberikan.
v Untuk
menunjukkan antusiasme terhadap matapelajaran yang diajarkan
v Untuk memberikan
model cara berpikir atau pemecahan
masalah.
•
Kelemahan Ceramah:
Ø Daya tahan siswa
untuk berkonsentrasi dan mengandalkan alat indra telinga sangat terbatas. Pada
sepuluh menit pertama mahasiswa mampu menyerap 70 % informasi yang disampaikan.
Sementara itu, pada sepuluh menit terakhir informasi yang dapat diserap oleh siswa
hanya 20%.
Ø Ketika
mendengarkan, siswa sangat mudah terganggu karena siswa lebih terfokus pada apa
yang terlihat (visual) daripada yang
terdengar (audio).
Ø Siswa tidak
dapat membandingkan, menganalisis atau
mengevaluasi gagasan atau informasi yang disampaikan guru
Ø Tips untuk
mengoptimalkan metode ceramah:
Ø Membangun
minat dengan cara (a) mengawali dengan menampilkan cerita/ gambar yg dapat
menarik perhatian siswa terhadap topik yg akan diajarkan; (b) menyajikan kasus
yg berkaitan dengan topik pembelajaran; dan (c) mengajukan pertanyaan kepada
siswasehinggamereka termotivasi untuk mendengarkan pembelajaran dlm rangka
mencari jawabannya.
Ø Memaksimalkan
pemahaman & ingatan dengan cara (a) membuat kata-kata kunci yg berperan sbg
subjudul verbal, (b) memberikan ilustrasi nyata dari ide-ide yg disampaikan,
atau apabila memungkinkan membuat perbandingan antara yg materi yg disampaikan dengan
pengetahuan/ pengalaman yang telah dimiliki siswa, dan (c) menggunakan dukungan
visual, seperti flip chart, OHP handout singkat, atau demonstrasi
Ø Melibatkan
siswa dalam pembelajaran dengan cara (a) memberhentikan pembelajaran secara periodik & menantang siswa untuk
memberikan contoh dari konsep-konsep yang dipresentasikan/ untuk menjawab
pertanyaan dan (b) menyelingi pembelajaran dengan aktivitas-aktivitas singkat yang
memperjelas topik.
Ø Memperkuat
ingatan siswa terhadap materi perkuliahan dengan (a) mengajukan masalah/
pertanyaan untuk dipecahkan/ dijawab oleh siswa dan (b) meminta siswa untuk
saling mengulang/ mengetes materi disajikan.
Comments
Post a Comment