Skip to main content

Strategi Pembelajaran


Mengapa Perlu Strategi Pembelajaran ?


Ada Istilah”Strategi/Metode lebih peting dari pada materi”....

         Di antara tugas guru dalam persiapan pembelajaran adalah memikirkan:
  1. Cara agar siswa dapat memproses informasi yang disampaikan
  2. Cara mengaitkan informasi baru dengang pengetahu-an yg sebelumnya sudah dimiliki siswa.
  3. Cara menciptakan situasi dan kondisi agar siswa dan memproses informasi dengag lebih mudah & cepat dipahami sekaligus melekat lama dalam ingatan mereka.
Ceramah
         Ceramah: merupakan strategi pembelajaran yang paling populer
         Ceramah adalah metode pembelajaran yang dilakukan dengan menyampaikan pesan & informasi secara satu arah lewat suara yang diterima melalui indra telinga.
Metode ini tepat untuk beberapa kondisi sbb:
v Jika  informasi yang disampaikan tidak tersedia dalam bentuk tulisan, teks yang tersedia tidak cocok, atau teks yg ada sudah kedaluwarsa.
v Untuk memberikan pengarahan sebelum melaksanakan tugas.
v Untuk memotivasi atau memberi tantangan kepada siswa terutama ketika tidak terungkap dalam buku rujukan yang diberikan.
v Untuk menunjukkan antusiasme terhadap matapelajaran yang diajarkan
v Untuk memberikan model cara berpikir atau pemecahan  masalah.

         Kelemahan Ceramah:
Ø Daya tahan siswa untuk berkonsentrasi dan mengandalkan alat indra telinga sangat terbatas. Pada sepuluh menit pertama mahasiswa mampu menyerap 70 % informasi yang disampaikan. Sementara itu, pada sepuluh menit terakhir informasi yang dapat diserap oleh ­siswa hanya 20%.
Ø Ketika mendengarkan, siswa sangat mudah terganggu karena siswa lebih terfokus pada apa yang terlihat (visual) daripada  yang terdengar (audio).
Ø Siswa tidak dapat membandingkan, menganalisis atau  mengevaluasi gagasan atau informasi yang disampaikan guru
Ø Tips untuk mengoptimalkan metode ceramah:
Ø Membangun minat dengan cara (a) mengawali dengan menampilkan cerita/ gambar yg dapat menarik perhatian siswa terhadap topik yg akan diajarkan; (b) menyajikan kasus yg berkaitan dengan topik pembelajaran; dan (c) mengajukan pertanyaan kepada siswasehinggamereka termotivasi untuk mendengarkan pembelajaran dlm rangka mencari jawabannya.
Ø Memaksimalkan pemahaman & ingatan dengan cara (a) membuat kata-kata kunci yg berperan sbg subjudul verbal, (b) memberikan ilustrasi nyata dari ide-ide yg disampaikan, atau apabila memungkinkan membuat perbandingan antara yg materi yg disampaikan dengan pengetahuan/ pengalaman yang telah dimiliki siswa, dan (c) menggunakan dukungan visual, seperti flip chart, OHP handout singkat, atau demonstrasi
Ø Melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan cara (a) memberhentikan pembelajaran secara  periodik & menantang siswa untuk memberikan contoh dari konsep-konsep yang dipresentasikan/ untuk menjawab pertanyaan dan (b) menyelingi pembelajaran dengan aktivitas-aktivitas singkat yang memperjelas topik.
Ø Memperkuat ingatan siswa terhadap materi perkuliahan dengan (a) mengajukan masalah/ pertanyaan untuk dipecahkan/ dijawab oleh siswa dan (b) meminta siswa untuk saling mengulang/ mengetes materi disajikan.



Comments

Popular posts from this blog

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMP PLUS DARUL ISHLAH

         Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)  SMP PLUS DARUL ISHLAH        Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dulu populer dengan nama Masa Orintasi Siswa (MOS), seiring dengan perubahan Kurikulum 2006 atau KTSP ke Kurikulum 2013, kini menjadi MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah).       MPLS merupakan Kegiatan Pertama masuk Sekolah untuk mengenalkan berbagai program, sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah, bagaimana cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri serta pembinaan awal kultur sekolah.  sesi foto bersama dengan anggota TNI Kegiatan MPLS Tahun Pelajaran 2019/2020 siswa/ peserta didik SMP Darul Islah di beri wawasan, pengenalan lingkungan sekolah, dan lain sebagainya yang di wajib di ikuti oleh seluruh peserta.  Untuk memberikan pemahaman,pelatihan, serta motivasi kepada peserta didik panitia MPLS SMP Darul Islah mendatangkan beberapa pemateri/nasasumber...

Parameter dan Pengujian kebenaran Ilmu Imam Al-Ghozali

Parameter dan Pengujian kebenaran Ilmu Jika menurut Al-Ghozali, segala sesuatu mempunyai esensi yang,   selain esensi Allah dapat diketahui dengan epistemologi di atas sedangkan ilmu adalah hasil proses kegiatan epistemologi terseut berupa proposisi atau copy objek pada mental subjek yang sesuai dengan realitas objek sendiri, malahnya adalah apa parameter kebenaran ilmu itu dan bagaimana cara pengujiannya? yang lebih fundemental dalah apa kebenaran itu? baca juga:  https://kopiirengadrees.blogspot.com/2019/01/pemikiran-pendidikan-islam-gagasan_24.html masalah kebenaran ( truth ) memang merupakan puncak kajian epistemplohi yang bermuara pada metafisika. Bahkan ia merupakan pokok masalah filsafat pengetahuan, yang justru di cari dan dicoba pemecahannya oleh Ghozali dengn epistemologi dan proses perjalanan hidupnya seperti di muka. Setidaknya, tiga aspek permasalahan dikaji, yaitu segi esensi, parameter, dan cara pengujian kebenaran baca juga:  https://kopiirengad...

Pengujian kebenaran ilmu Al-Ghozali

Pengujian kebenaran ilmu Menurut Al-Ghozali, semua proposisi atau teori ilmiah harus diuji kebenrannya dengan metode falsifikasi dan atau verifikasi berdasarkan kreteria di atas. Istilah "falsifikasi dan verifikasi" yang populer pada abad 20 dalam konteks rasionalisme kritis dan positivisme logik, esensinya inheren di dalam teori pengetahuan atau filsafat ilmu sendiri. Di sini, Al-Ghozali menyebut" pengujian" dengan beberapa term, seperti taftisy (pengujian, pemeriksaan), istiqsa, bahs, ittila, mumarrasah (analisis, pengkajian, penelaahan dan penelitian secara kritis, tajam dan mendalam), tajriban (pengujian dengan eksperimen ) dan suluk (penelusuran). Verifikasi disebutnya dengan term "tahqiq" (pembuktian kebenaran), isbat (penentapan/peneguhan) dan tamhid li haqq (penyiapan jalan atau korobasi bagi kebenaran). Falsifikasi disebutnya dengan beberapa term berikut. a. Radd (penolakan, penyanggahan) seperti dalam kalimat: Artinya"   sebagi radd...

Tips memimpin diskusi

  Lihat juga:  https://kopiirengadrees.blogspot.com/2019/02/metode-diskusi.html   Tips memimpin diskusi. Didialam diskusi tentu ada seorang yang memimpin agar diskusi yang dilakukan berjalan dengan tertib sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Oleh karenanya seorang pemimpin sangat berpengaruh besar dalam keberhasilan sebuah diskusi. Di bawah ini ada beberapa tips dalam memimpin sebuah diskusi yang dapat kita implementasikan ketika kita ditujuk oleh guru,pembibing atau siapapaun untuk menjadi pemimpin/ketua. 1.     Mengungkapkan kembali apa yang dikatakan oleh seorang siswa sehingga siswa tersebut meraasa bahwa pertanyaan atau komentarnya dipahami dan siswa lain dapat mendengar ringkasan apa yang telah ditanyakan. 2.     Mengecek pemahaman guru tentang apa yang dikatakan siswa atau meminta siswa untuk menjelaskan apa yang mereka katakan. 3.     Memberikan pujian atau komentar yang lebih mencerahkan 4...