Implikasi Prinsip Pembelajaran
Pengertian pembelajaran dapat diartikan
secara khusus, berdasarkan aliran psikologi tertentu. Pengertian pembelajaran
menurut aliran-aliran tersebut sebagai berikut: Menurut psikologi daya
pembelajaran adalah upaya melatih daya-daya yang ada pada jiwa manusia supaya
menjadi lebih tajam atau lebih berfungsi.
Psikologi kognitif, pembelajaran adalah usaha
membantu siswa atau anak didik mencapai perubahan struktur kognitif melalui
pemahaman. Psikologi humanistik, pembelajaran adalah usaha guru untuk
menciptakan suasana yang menyenangkan untuk belajar (enjoy learning), yang
membuat siswa dipanggil untuk belajar (Darsono, 2001: 24-25)
Adapun prinsip-prinsip belajar yang perlu
diperhatikan terutama oleh pendidik ada 8 yaitu: perhatian, dalam pembelajaran
guru hendaknya tidak mengabaikan masalah perhatian. Sebelum pembelajaran
dimulai guru hendaknya menarik perhatian siswa agar siswa berkonsentrasi dan
tertarik pada materi pelajaran yang sedang diajarkan.
Motivasi, Jika perhatian siswa sudah terpusat
maka langkah guru selanjutnya memotivasi siswa. Walaupun siswa udah termotivasi
dengan kegiatan awal saat guru mengkondisikan agar perhatian siswa terpusat
pada materi pelajaran yang sedang berlangsung. Namun guru wajib membangun
motivasi sepanjang proses belajar dan pembelajaran berlangsung agar siswa dapa
mengikuti pelajaran dengan baik.
Keaktifan siswa, Pembelajaran yang bermakna
apabila siswa aktif dalam proses belajar dan pembelajaran. Siswa tidak sekedar
menerima dan menelan konsep-konsep yang disampaikan guru, tetapi siswa
beraktivitas langsung. Dalam hal ini guru perlu menciptakan situasi yang
menimbulkan aktivitas siswa. Keterlibatan langsung, pelibatan langsung siswa
dalam proses pembelajaran adalah penting. Siswalah yang melakukan kegiatan
belajar bukan guru. Supaya siswa banyak terlibat dalam proses pembelajaran,
guru hendaknya memilih dan mempersiapkan kegiatan-kegiatan sesuai dengan tujuan
pembelajaran. Pengulangan belajar, Penguasaan meteri oleh siswa tidak bisa
berlangsung secara singkat. Siswa perlu melakukan pengulangan-pengulangan
supaya meteri yang dipelajari tetap ingat. Oleh karena itu guru harus melakukan
sesuatu yang membuat siswa melakukan pengulangan belajar.
Materi pelajaran yang merangsang dan menantang, kadang siswa merasa bosan dan tidak tertarik dengan materi yang sedang diajarkan. Untuk menghindari gejala yang seperti ini guru harus memilih dan mengorganisir materi sedemikikan rupa sehingga merangsang dan menantang siswa untuk mempelajarinya. Balikan atau penguatan kepada siswa, penguatan atau reinforcement mempunyai efek yang besar jika sering diberikan kepada siswa. Setiap keberhasilan siswa sekecil apapun, hendaknya ditanggapi dengan memberikan penghargaan.
Materi pelajaran yang merangsang dan menantang, kadang siswa merasa bosan dan tidak tertarik dengan materi yang sedang diajarkan. Untuk menghindari gejala yang seperti ini guru harus memilih dan mengorganisir materi sedemikikan rupa sehingga merangsang dan menantang siswa untuk mempelajarinya. Balikan atau penguatan kepada siswa, penguatan atau reinforcement mempunyai efek yang besar jika sering diberikan kepada siswa. Setiap keberhasilan siswa sekecil apapun, hendaknya ditanggapi dengan memberikan penghargaan.
Aspek-aspek
psikologi lain, setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda. Perbedaan individu
baik secara fisik maupun secara psikis akan mempengaruhi cara belajar siswa tersebut, sehingga guru perlu
memperhatikan cara pembelajaran yang diberikan kepada siswa tersebut misalnya,
mengatur tempat duduk, mengatur jadwal pelajaran , dll
Comments
Post a Comment