Skip to main content

Etika


Untuk menjadi baik maka sesuatu hal harus sepenuhnya baik, sedikit noda saja akan menyebabkan hal tersebut menjadi tidak baik. Ini berarti pula bahwa perbuatan manusia hanya akan dikatakan baik bila tujuan akhirnya, motivasi dan lingkungannya juga baik. Jika salah satu dari ketiga hal atau faktor tersebut tidak baik, keseluruhan perebuatan manusia menjadi tidak baik, sekalipun dua faktor lain baik.
Etika berasal dari bahasa yunani โ€œethosโ€ yang berarti kebiasaan/adat,tempat tinggal yang biasa, akhlak, watak, perasaaan, sikap, cara berfikir.
Etika adalah suatu ilmu yang membicarakan masalah perbuatan atau tingkah laku manusia, mana yang dapat dinilai baik dan mana yang dapat dinilai tidak baik.
Etika juga disebut ilmu normative, maka dengan sendiinya berisi ketentuan-ketentuan (norma-norma) dan nilai-nilai yang dapat di gunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Etika adalah cabang dari aksiologi yaitu ilmu tentang nilai, yang menitikberatkan pada pencarian salah dan benar.
Etika terbagi menjadi 3
1.  Etika sebagai ilmu, yang merupakan kumpulan tentang kebijakan, tentang penilaian perbuatan seseorang. 
    Etika dalam arti perbuatan, yaitu perbuatan, kebajikan, misalnya seseorang dikatakan etis apabila orang tersebut telah berbuat kebajikan
3.      Etika sebagai filsafat, mempelajari pandangan-pandangan persoalan-persoalan yang berhubungan dengan masalah kesusilaan.
Pengertian Etika dikemukakan oleh Sumaryono
1.      Etika Perangai
Etika perangai adalah adat istiadat atau kebisaan yang menggambarkan perangai manusia dalam kehidupan bermasyarakat di daerah-daerah tertentu, pada waktu tertentu pula. Etika perangai tersebut berlaku dan diakui karena disepakati berdasarkan hasil penilaian prilaku.
Contohnya. Berbusana adat, pergaulan muda-mudi, perkawinan semenda, upacara adat dll
2.      Etika Moral
Etika moral berkenaan dengan kebiasaan berprilaku yang baik dan benar berdasarkan kodrat manusia. Apabila etika ini dilanggar timbulah kejahatan, yaitu perbuatan yang tidak baik dan tidak benar. Kebiasaan ini berasal dari kodrat manusia yang disebut moral.
Contoh. Berkata dan berbuat jujur, menghargai hak orang lain, menghormati guru, membela kebenaran dan keadilan, menyantuni anak yatim/piatu. Dll

a.       Pendidik harus Adil
b.      Seorang Pendidik harus berniat ikhlas
c.       Pendidik harus berlaku dan berkata jujur
d.      Pendidik harus lemah lembut


ุนู† ุงู„ู†ุนู…ุงู† ุจู† ุจุดูŠุฑ, ู‚ุงู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… "ุฅุนุฏู„ูˆุง ุจูŠู† ุฃุจู†ุงุฆูƒู…, ุฅุนุฏู„ูˆุง ุจูŠู† ุฃุจู†ุงุฆูƒู… "

Dari Nuโ€™ma bin Basyir ia berkata bahwasanya Rasulullah saw bersabda โ€œberlaku adilah kamu diantara anak-anak u, Berlaku adilah kamu di antara anak-anak mu (HR. An-nasaโ€™i dan Al-Baihaqi)

ุนู† ุนู…ุฑ ุงุจู† ุงู„ุฎุทุงุจ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู‚ุงู„: ุณู…ุนุช ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠู‚ูˆู„ " ุฅู†ู…ุง ุงู„ุฃุนู…ุงู„ ุจุงู„ู†ูŠุงุช, ูˆุฅู†ู…ุง ู„ูƒู„ ุงู…ุฑุฆ ู…ู†ูˆูŠ, ูู…ู† ูƒุงู†ุช ู‡ุฌุฑุชู‡ ุงู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ูˆ ุฑุณูˆู„ู‡ ูู‡ุฌุฑุชู‡ ุงู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ูˆุฑุณูˆู„ู‡, ูˆู…ู† ูƒุงู†ุช ู‡ุฌุฑุชู‡ ู„ุฏู†ูŠุง ูŠุตูŠุจู‡ุง ุฃูˆ ุงู…ุฑุฃุฉ ูŠู†ูƒุญู‡ุง ูู‡ุฌุฑุชุฉ ุงู„ูŠ ู…ุง ู‡ุงุฌุฑ ุงู„ูŠู‡ (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ ูˆ ู…ุณู„ู… )

ุนู† ุนู…ุฑ ุจู† ุงู„ุฎุทุงุจ ......ู‚ุงู„ ูุฃุญุจุฑู†ูŠ ุนู† ุงู„ุณุงุนุฉ ู‚ุงู„ ู…ุง ุงู„ู…ุณุฆูˆู„ ุนู†ู‡ุง ุจุฃุนู„ู… ู…ู† ุงู„ุณุงุฆู„ .....(ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ ูˆ ู…ุณู„ู… )

โ€œUmar bin Khatb meriwayatkan, ....Jibril berkata lagi, โ€œberitahukan kepadaku tentang hari kiamat. Rasulullah menjawab, tetang masalah ini, saya tidak lebih tahu dari engkauโ€ (H.R. Al-Bukhari dan Muslim)

ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุงุจู† ุนู…ุฑ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู…ุง, ุฃู† ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ุงู„ : ูƒู„ูƒู… ุฑุงุน  ูู…ุณุคู„ ุนู† ุฑุนูŠุชู‡, ูุงู„ุฃู…ูŠุฑ ุงู„ุฐูŠ ุนู„ูŠ ุงู„ู†ุงุณ ุฑุงุน ูˆู‡ูˆ ู…ุณุฆูˆู„ ุนู†ู‡ู…, ูˆุงู„ุฑุฌู„ ุฑุงุน ุนู„ูŠ ุฃู‡ู„ ุจูŠุชู‡, ูˆู‡ูˆ ู…ุณุฆูˆู„ุฉ ุนู†ู‡ู…, ูˆุงู„ู…ุฑุฃุฉ ุฑุงุนูŠุฉ ุนู„ูŠ ุจูŠุช ุจุนู„ู‡ุง ูˆ ูˆู„ุฏู‡ ูˆู‡ูŠ ู…ุณุฆูˆู„ ุนู†ู‡ู…, ูˆ ุงู„ุนุจุฏ ุฑุงุน ุนู„ูŠ ู…ุงู„ ุณูŠุฏู‡ ูˆู‡ูˆ ู…ุณุฆูˆู„ ุนู†ู‡, ุฃู„ุง ููƒู„ูƒู… ุฑุงุน ูˆูƒู„ูƒู… ู…ุณุฆูˆู„ ุนู† ุฑุนูŠุชู‡ (ุงุฎุฑุฌู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ ููŠ 49 ูƒุชู„ุจ ุงู„ุนุชู‚ )

Pendidikan Sepanjang Hayat
1.      Menuntut Ilmu merupakan kewajibab bagi setiap muslim
2.      Pendidikan merupakan hak setiap individu
3.      Pendidikan tidak terbatas oleh ruang dan waktu.

ุฃุฎูŠ ู„ู† ุชู†ุงู„ ุงู„ุนู„ู… ุฅู„ุง ุจุณุชุฉ ุณุฃู†ุจูŠูƒ ุนู† ุชูุตูŠู„ู‡ุง ุจุจูŠุงู† : ุฐูƒุงุก , ูˆ ุญุฑุต, ูˆ ุงุฌุชู‡ุงุฏ ูˆ ุฏุฑู‡ู… ูˆ ุตุญุจุฉ ุฃุณุชุงุฐ ูˆุทูˆู„ ุฒู…ุงู† "

โ€œwahai saudara ku...ilmu tidak akan diperoleh kecuali dengan enam perkara yang akan saya beritahukan perinciannya: kecerdasan, semangat, sungguh-sungguh, berkecukupan, bersahabat (belajar) dengan ustadz,  membutuhkan waktu yang lama.

Comments

Popular posts from this blog

Beberapa Jenis Empirisme

Beberapa Jenis Empirisme 1. Empirio-kritisisme     Disebut juga Machisme. ebuah aliran filsafat yang bersifat subyaktif-idealistik. Aliran ini didirikan oleh Avenarius dan Mach. Inti aliran ini adalah ingin โ€œmembersihkanโ€ pengertian pengalaman dari konsep substansi, keniscayaan, kausalitas, dan sebagainya, sebagai pengertian apriori. Sebagai gantinya aliran ini mengajukan konsep dunia sebagai kumpulan jumlah elemen-elemen netral atau sensasi-sensasi (pencerapan-pencerapan). Aliran ini dapat dikatakan sebagai kebangkitan kembali ide Barkeley dan Hume tatapi secara sembunyi-sembunyi, karena dituntut oleh tuntunan sifat netral filsafat. Aliran ini juga anti metafisik. baca jug:  https://kopiirengadrees.blogspot.com/2019/02/pengertian-empirisme.html 2. Empirisme Logis      Analisis logis Modern dapat diterapkan pada pemecahan-pemecahan problem filosofis dan ilmiah. Empirisme Logis berpegang pada pandangan-pandangan berikut : a. Ada batas-batas ba...

ุชูŽุฑู’ูƒููŠู’ุจู ุงู„ุจูŽุฑู’ู†ูŽุงู…ูุฌู ุงู„ู‚ูŽุถูŽุงุฆููŠู ู„ูุทูู„ูŽุงุจู ุงู„ุฌูŽุงู…ูุนุฉู ุงู„ุฅุณู’ู„ุงูŽู…ููŠูŽุฉู ุชูุบูˆู’ู„ูŽุบู’ ุจูŽุงูˆูŽุงุบู’, ุงู„ููŽุชู’ุฑูŽุฉู ุงู„ุฑูŽุงุจูุนูŽุฉ, ุงู„ุนูŽุงู…ู ุงู„ุฏูุฑูŽุงุณููŠ ุฃูŽู„ู’ููŽูŠู’ู†ู ูˆูŽุซู…ูŽุงู†ููŠูŽุฉู ุนูŽุดูŽุฑุฃูˆ ุฃู„ููŠู† ูˆุชุณุนุฉ ุนุดุฑ ู…ู„ุงุฏูŠุฉ

  ุชูŽุฑู’ูƒููŠู’ุจู ุงู„ุจูŽุฑู’ู†ูŽุงู…ูุฌู ุงู„ู‚ูŽุถูŽุงุฆููŠู ู„ูุทูู„ูŽุงุจู ุงู„ุฌูŽุงู…ูุนุฉู ุงู„ุฅุณู’ู„ุงูŽู…ููŠูŽุฉู ุชูุบูˆู’ู„ูŽุบู’ ุจูŽุงูˆูŽุงุบู’, ุงู„ููŽุชู’ุฑูŽุฉู ุงู„ุฑูŽุงุจูุนูŽุฉ, ุงู„ุนูŽุงู…ู ุงู„ุฏูุฑูŽุงุณููŠ ุฃูŽู„ู’ููŽูŠู’ู†ู ูˆูŽุซู…ูŽุงู†ููŠูŽุฉู ุนูŽุดูŽุฑุฃูˆ ุฃู„ููŠู† ูˆุชุณุนุฉ ุนุดุฑ ู…ู„ุงุฏูŠุฉ ุชุฑุชูŠุจ ุงู„ุจุฑู†ุงู…ุฌ ุงู„ุจุฑุงู…ุฌ ุงู„ุฃูˆู„      : ุงู„ูุฅููุชูุชูŽุญูŽุงุญู    ุญูŠ ุนู„ูŠ ุฅูุชุชุญุงุญ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุจุฑุงู…ุฌ ุจู‚ุฑุงุกุฉ ุจุณู…ู„ุฉ      ุงู„ุจุฑู†ุงู…ุฌ ุงู„ุซุงู†ูŠ      : ู‚ูุฑูŽุงุกูŽุฉู ุงู„ู‚ูุฑุงู†ู ุงู„ูƒูŽุฑูŠู…, ุณูŽูŠูŽุชู’ู„ููˆู’ู‡ูŽุง ..........ุงู„ูŠู‡ ูู„ูŠุชูุถู„ ู…ุดูƒูˆุฑุง ุงู„ุจุฑู†ุงู…ุฌ ุงู„ุซุงู„ุซ     : ุงู„ูŽุฑู‚ู’ุตู ุจูŠู†ุฏุงู†ุง ุงู„ุจุฑู†ุงู…ุฌ ุงุงู„ุฑุงุจุน     : ูŠูุบู’ู†ููŠ ุงู„ุฃูŽุบู’ู†ููŠุงุกู ุงู„ุงู†ุฏูˆู†ูŠุณูŠุฉ ุฑูŽุงูŠุฉ ูˆู…ูŽุงุฑุณ ุงู„ุฌุงู…ุนุฉ ุงู„ุฅุณู„ุงู…ูŠุฉ ุชูˆู„ุบ ุจุงูˆุงุบ. ุงู„ูŠู‡ ูู„ูŠุชูุถู„ ู…ุดูƒูˆุฑุง. ุฃูŽุฑู’ุฌููˆู’ ุงู„ูŠูƒู…ู’ ู‚ููˆู’ู…ููˆู’.....,ุฅุฌู„ุณูˆ... ุงู„ุจุฑู†ุงู…ุฌ ุงู„ุฎุงู…ุณ   : ุชูŽู‚ู’ุฑููŠู’ุฑู ุงู„ูŽุฑุฆููŠู’ุณู ุงู„ู‚ููŠูŽุงุฏุฉู ................. ุงู„ูŠู‡ ูู„ูŠุชูุถู„ ู…ุดูƒูˆุฑุง ุงู„ุจุฑู†ุงู…ุฌ ุงู„ุณุงุฏุณ   : ุชูŽุฑู’ุญููŠู’ุจู ู…ูู†ู’ ุฑูŽุฆููŠู’ุณู ุงู„ุฌูŽุงู…ูุนูŽุฉู ุงู„ุฅุณู’ู„ูŽุงู…ููŠูŽุฉ ุชููˆู’ู„ูŽุบู’ ุจูŽุงูˆูŽุงุบู’ .......... ุงู„ูŠู‡ ูู„ูŠุชูุถู„ ู…ุดูƒูˆุฑุง ุงู„ุจุฑู†ุงู…ุฌ ุงู„ุณุงุจุน     : ู‚ูุฑูŽุงุกูŽุฉู ู…ูŽุฑู’ุณููˆู’ู… ุงูุดู’ุชูุฑูŽุงุนููŠู‘ ุฑูŽุฆููŠู’ุณู ุงู„ุฌูŽ...

ISLAMIC STUDIES DI PTAI DI INDONESIA

GAMBARAN AWAL  DIRASAH ISLAMIYAH  DI PTAI INDONESIA  1.Pendahuluan Pada awalnya masyarakat Indonesia berharap bahwa pendirian Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) baik negeri maupun swasta ( lAIN, STAIN,UIN dan PTAIS) dapat memenuhi dua harapan sekaligus. Pertama adalah harapan yang terkait dengan eksistensinya sebagai lembaga โ€œkeilmuanโ€ (akademis). Sebagai lembaga keilmuan, รญa dituntut untuk dapat memenuhi tugas-tugas pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan agama Islam serta pengabdian pada masyarakat. Untuk itu, prasyarat minimal yang harus dipenuhi adalah kemampuan bahasa asing (Arab dan Inggris) bagi para dosen dan mahasiswanya, perpustakaan yang representatif baik dari segi gedung maupun koleksi buku-buku dan jurnal-jurnal studi keislaman dalam dan luar negeri untuk kegiatan penelitian dan penerbitan. Kedua adalah harapan yang terkait erat dengan kelembagaan PTAI ( lAIN, STAIN, UIN dan PTAIS) sebagai lembaga pendidikan โ€œkeagamaan...

Tujuan dan Kegunaan Mempelajari Pemikiran Pendidikan Islam

Tujuan dan Kegunaan Mempelajari Pemikiran Pendidikan Islam Adapun tujuan dan kegunaan mempelajari pemikiran pendiidkan islam yaitu: a).   Membangun kebiasaan berfikir ilmiah, dinamis, dan kritis terhadap persoalan-persoalan seputar penididkan Islam. b).    Memberikan dasar berpikir inklusif terhadap ajaran Islam dan akomodatif terhadap perkembangan Ilmu pengetahuan yang dikembangan oleh intelektual diluar Islam. c).    Menumbuhkan semangat berijtihad, sebagaimana ditunjukan oleh Rasulullah SAW, dan para kaum intelektual Muslim pada abad pertama sampai abad pertengahan terutama dalam merekonstruksi sistem pendidikan Islam yang lebih baik. d).   Untuk memberikan kontribusi pemikiran bagi pengembangan sistem pendidikan nasional.      Prinsip-Prinsip Pemikiran Pendidikan Islam a).   Prinsip Ontologis Prinsip ini merupakan etiket pelengkap dari metafisika tentang โ€œadaโ€ atau โ€œkeadaanโ€ sesuatu. Ontology dapat mendekati masala...