Sekolah
dan Wajah Kepala Sekolah
Dalam
hal kekurangberhasilan wajah sekolah mungkin tepat dilekatkan pada kepala
sekolah. Bahkan bukan sekedar melekatkan melainkan suatu konsekuensi kiprah
regulasi kepala sekolah. Ibarat nahkoda yang menjalankan sebuah kapal
mengarungi samudera, kepala sekolah mengatur dan memanajemeni segala sesuatu
yang ada di sekolah. Dengan demikian, yang harus bertanggung jawab atas
kandasnya sebuah sekolah dan gagalnya peserta didik adalah kepala sekolah.
Apabila sekolah menuai keberhasilan maka kinerja kepala sekolah telah terukur.
Semakin banyak orang yang menikmati kepuasan batin, yakni dihargai,
diberdayakan dan prestatif adalah tanda-tanda kemajuan bagi kepala sekolah.
Nahkoda sekolah telah mendekatkan keberhasilan para penumpang pada wilayah
tujuan yang ingin diraihnya. Peserta didik merasa enjoy dan betah bila berada
di sekolah. Proses pembelajarannya telah menjadikan peserta didik lebih
manusiawi dan semakin menemukan diri mereka sendiri. Para guru mempunyai sense
of belonging yang tinggi akan sekolah. Kualitas sekolah dirajut dan
dipertahankan. Bukan tidak mungkin hal-hal itu secara tidak langsung memikat
para pengembara idealis untuk memasukkan anak-anaknya pada sekolah yang bermutu
itu. Namun keberhasilan itu bukan semata keberhasilan kepala sekolah melainkan
keberhasilan semua orang yang terlibat dalam kegiatan manajemen sekolah.
Sebagai satu kesatuan, para penggarap manajemen telah mampu menunjukkan kerja
yang kualitatif dan kooperatif. Keberhasilan masing-masingnya adalah juga
keberhasilan kepala sekolah. Wajah sekolah ada pada kepala sekolah.
· Pola
lama Menuju Pola baru
· -
Subordinasi ------> - Otonomi
· -
Pengambilan keputusan terpusat ------> - Pengambilan keputusan partisipasi
· -
Ruang gerak kaku ------> - Ruang gerak luwes
· -
Pendekatan birokratik ------> - Pendekatan Profesional
· -
Sentralistik ------> - Desentralistik
· -
Diatur ------> - Motivasi diri
· -
Overregulasi ------> - Deregulasi
· -
Mengontrol ------> - Mempengaruhi
· -
Mengarahkan ------> - Memfasilitasi
· -
Menghindar Resiko ------> - Mengelola resiko
· -
Gunakan uang semuanya ------> - Gunakan yang seefisien mungkin
· -
Individu yang cerdas ------> - Informasi terbagi
· -
Informasi terpribadi ------> - Pemberdayaan
· -
Pendelegasian ------> - Organisasi datar- Organisasi herarkis
Selanjutnya,melalui
penerapan MBS akan nampak karakteristik lainnya dari profil sekolah mandiri, di
antaranya sebagai berikut :
· 1.
Pengelolaan sekolah akan lebih desentaristik 2. Perubahan sekolah akan lebih
didorong oleh motivasi internal dari pada diatur oleh luar sekolah. 3. Regulasi
pendidkan menjadi lebih sederhana. 4. Peranan para pengawas bergeser dari
mengontrol menjadi mempengaruhi.dari mengarahkan menjadi menfasilitasi dan dari
menghindari resiko menjadi mengelola resiko. 5. Akan mengalami peningkatan
manajemen. 6. Dalam bekerja, akan menggunakan team work 7. Pengelolaan
informasi akan lebih mengarah kesemua kelompok kepentingan sekolah 8. Manajemen
sekolah akan lebih menggunakan pemberdayaan dan struktur organisasi akan lebih
datar sehingga akan lebih sederhana dan efisien
· Selanjutnya
dilihat dari sumber daya manusia sekolah yang mandiri memiliki ciri-ciri
sebagai berikut:
· 1.
Pekerjaan adalah miliknya 2. Bertanggung jawab 3. Memiliki kontribusi terhadap
pekerjaannya 4. Mengetahui poisisi dirinya dan memiliki kontrol terhadap
pekerjaannya 5. Pekerjaan merupakan bagian hidupnya.
· Dalam
upaya menuju sekolah mandiri, terlebih dahulu kita perlu menciptakan sekolah
yang efektif. Ciri sekolah yang efektif adalah sebagai berikut:
· 1.visi
dan misi yang jelas dan target mutu yang harus sesuai dengan standar yang telah
ditetapkan secara lokal. 2. Sekolah memiliki output yang selalu meningkat
setiap tahun. 3. Lingkungan sekolah aman, tertib, dan menyenangkan bagi warga
sekolah. 4. Seluruh personil sekolah memiliki visi, misi, dan harapan yang
tinggi untuk berprestasi secara optimal. 5. Sekolah memiliki sistem evaluasi
yang kontinyu dan komprehensif terhadap berbagai aspek akademik dan non
akademik.
· Untuk
lebih jelasnya gambaran sekolah yang efektif ( effective school ) dapat
digambarkan melalui gambar berikut ini.
Comments
Post a Comment